Mempertanyakan Hak

Apakah boleh seorang manusia rendah mempertanyakan hak yang paling mendasar kepada penguasa ketika kewajibannya sudah lengkap? Meski terkadang tidak semuanya sempurna, tapi yang jelas hampir semuanya selesai sebagaimana adanya. Pertanyaan bodoh, jawabnya. Terserah dia mau kapan memberikan hak itu kepadamu, namanya saja penguasa. Lagi pula belum tentu semua yang dikerjakan diterima. Kamu saja tidak pernah membaca detail apa yang menjadi pantangan & kemestian kan?! Hanya kulit luarnya saja, akui saja apa susahnya?  Benar, aku mengakuinya. Namun aku belum pernah lagi menikmati hal itu sejak lima tahun terakhir, jadi bolehkah? Sang Penguasa sepertinya tertawa datar mendengar pertanyaan bodoh itu lagi. Aku menghembuskan napas berat ke sekian kalinya yang membuatku siuman dan bermenung. Ini memang belum saatnya, ibarat tanggal main yang masih jauh dari kata tulat dan tubin. Apa yang harus dilakukan? Sejatinya tidak ada. Daya upaya sudah, bermohon sudah, tinggal tunggu tanggal mainnya dat

B.U.Y.A

“kalau kuliah itu ga pandai-pandai nyari link, kita bakal jalan ditempat aja”

Gitu kata temen gw yang biasa dipanggil Buya, dia salah satu temen gw yang paling bisa ngasi nasehat. Nasehatnya itu ga biasa lho, nasehatnya itu bener2 berisi, “tua” banget deh nasehatnya itu, makanya dia dipanggil Buya. FYI, Buya itu adalah panggilan buat orang tua yang sederjat sama Ustadz. Disamping sering ngasi nasehat sama temen2nya (termasuk gw), Buya juga paham soal Agama, kalau dia lagi serius ya, Ayat Al-qur’an pasti diselipin dalam nasehat2nya. Hehehe.. gw serius lho…

Tadi sebelum pulang kampus, dia cerita kalau dia baru aja merelakan lepasnya proyek terbesar yang pernah dia dapatkan dalam masa hidupnya, yaitu masang jaringan di kantor Pemda, Bali. Iya, Bali.. ckckckckck,, gawat tuh anak, kok bisa dapat link masang jaringan di Bali seh? Pas gw tanya berapa besar tender yang dia bilang itu, dia bilang 1T, anjriiiiit… 1T? triliun????? Buseeett, buy, lo emang GOKIL! Gw pikir becanda, pas dia jelasin detailnya, rupanya masang jaringan di satu titik aja bisa ratusan ribu, apalagi masang jaringan yang ada di Pemda, bisa berapa titik tuh?! *memutar-mutar mata*

Trus, gw tanya kenapa dia ga ambil aja tuh proyek? Jawabnya cuman satu, “ga dibolehin sama orang tua”, It’s woow! Patuh juga neh anak sama orang tua, gw pikir… heheheh.. *peace buy!

Dia juga cerita, kalau ngerti jaringan emang bisa bawa rejeki banyak, contohnya aja waktu dia dapat proyek masang jaringan di warnet2 teman link-nya, dia dapat uang banyak dari itu. huhuhuhu, cuma atur2 dikit, colokin kabel, jadi… enaknya…. Hapenya si Buya ini juga sering gonta-ganti lho, sekarang aja dia kemana-mana bawa E71, yang kabarnya dia beli dari hasil proyek dia yang lain. HE IS COOL!

Kalimat dia yang bikin gw serasa ditampar keras pas dia bilang gini : “makanya, abis pulang kuliah tu jangan langsung pulang ke rumah, jangan sok-sok ngongkrong di café atau tempat jajan yang semua itu ngabisin uang, coba deh pikir, masa kita cuma bisa ngabisin uang aja? Kenapa kalian ga mikir gimana caranya ngasilin uang?!”

Bener yang dia bilang, gw sering abis kuliah nongkrong2 ga jelas, hiks, gw “ditampar”, dan untungnya gw langsung cepat sadar, hehee. Pengen deh kayak Buya, yang bisa mengaplikasikan pelajaran2 di kuliah ke kenyataan. Gw akui dia bener2 ahli dalam soal jaringan, link-nya juga banyak, ga tau deh kenapa bisa dia punya banyak link di mana2. Kalau ditanya, dia cuma jawab gini : sering nongkrong di warung kopi aja. @_@


yang jelas, Buya bukan perempuan, hehehe...

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. PERTAMAAXXXXXXXXXXXXXXXX

    P.S. delete komen si ivan dong, fer >.<

    BalasHapus
  4. ahem. sadis gan. di bali dan 1 T itu parah gila! brutal itu namanya. -- ngiler dah -- sama kayak ak gan. tp kalo ak abis plg skolah lgsg pulang. trus weekend-nya pergi ke #kopimahal hehe.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Wah.. Satu triliun. Kayak dongeng.. Hwahaha....

    BalasHapus
  7. ohoho this is the boy you told me..

    ehehehe, kapan yah kisah gw bakal ditulis dalam blog ini??(serasa artis ajah!)

    BalasHapus
  8. what?? 1T?? proyek yang pernah aku handle sama teman2 di kantor ajah cuman 13M -__-

    BalasHapus
  9. lha katanya ga boleh nongkrong2... tapi sarannya kok disuruh nongkrong di warung kopi? hehehe...
    mungkin maksudnya kalo nongkrong yg membawa manfaat oke2 aja. minta resep2 yg lebih rinci dong dari Buya. masa cuma itu doang tipsnya??

    BalasHapus
  10. Hebat juga temen lo! Dapet tender malah dilepasin.
    Nasib... Nasib!

    BalasHapus
  11. kerennya...
    1T dari masang jaringan? mau tuh,,

    BalasHapus
  12. beruntung bgt ente sob punya sahbat seperti dia..

    BalasHapus
  13. Kalo gue, pulang langsung OL...
    Nyari duit lewat ngeblog, xiixixix...
    Lumayan lah, duitnya bisa dipake beli kerupuk 1 gudang, wkwkkwkw...

    BalasHapus
  14. wuih.. keren banget tuh si buya. eh , itu buya yang di mxit itu??

    BalasHapus
  15. kasih tipsnya dunk biar dapat link byk, terutama link yg menghasilkan byk uang...hehe :)

    BalasHapus
  16. kunjungan perdana
    salam hangat selalu

    BalasHapus
  17. huaaaaaahhhh tua bgt temen lu fer.
    tp bener jg.
    jarang loh ada org seumuran kita mikir dewasa bgt ky gitu.
    salut gue ama tmn lu :)

    BalasHapus
  18. Ferdy kenal BUYA yah...??? ih, gak nyangka. Tulisan dia keren2 Fer. Mbak tadi malem nongkrong disana.

    BalasHapus
  19. wah, untuk nyari 'link' juga diperlukan kepribadian yang unik dan cocok... klo masih kayak ane yang tertutup susah :(

    tapi terus mencoba :) ohya, menurut komentar di atas, Sang BUYA punya blog? boleh lah tautannya :D

    BalasHapus
  20. Aiaiai, BUYA mag keren bisa nahan nafsu g nerima duit 1T. Warung kopi isix kn bpk2 smua? Apa mgkn ni gra2 mrka? Cob ja kalu dia nongkrog d cafe,pasti bda... Smga temanQ (melirikfrxoxo) bsa jug dptin link2 yg menggairahkan...

    BalasHapus
  21. 1T,umm,klo dapet segitu gimana cara ngabisinnya y?binun saia

    BalasHapus
  22. malam
    semangat lagi uda
    salam hangat selalu

    BalasHapus
  23. ferdiiii, pakabar? cieee pertamax ni ye di tempat sayah.
    kangen euy ama dikau.

    hm.. awalannya cerita si buya, ngapa tiba2 akhirnya poto2 akhwat? adakah keterkaitannya? xixixi

    bener juga sih, nanti kalo udah nyari duit sendiri kereasa deh sayangnya ngeluarin duit untuk hal2 ga penting.

    BalasHapus
  24. numpang lewat lagi ah.....
    #tamparsemuatamu

    BalasHapus

Posting Komentar

silahkan dikomen.... jelek2 jg gpp...
ga marah kok, paling gue jampi2 ntar malamnya...
hahahaha...

Postingan populer dari blog ini

Tentang Malam di Pekan Budaya Sumatera Barat part. I

Tujuh dan Sembuh

Pengalaman Latsar tapi Tidak Rasa Latsar